Tugas 3 Kelas 2IA12

Bandwith yaitu banyaknya cakupan sebauh frekuensi yang digunakan oleh sinyal-sinyal dalam medium. Bandwith juga dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sebuah sinyal yang tinggi ataupun sinyal frekuensi yang rendah.  Frekuensi sebuah sinyal diukur dalam satuan Hertz. Gelombang atau sinyal suara tipikal mempunyai Bandwith sebesar 3 kHz, analog TV iklan atau broadcast (TV) mempunyai Bandwith sebesar 6 MHz. Maka bandwith dapat diartikan juga sebagai takaran jarak sebuah frekuensi atau juga disebut takaran lalu lintas data yang masuk dan yang keluar. Dalam dunia hosting, kita di berikan jatah Bandwwith setiap bulan tergantung seberapa dalam kita merogoh kocek. Habisnya sebuah Bandwith ditentukan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload. Makin banyak anda melakukan aktivitas upload, ditambah makin banyaknya pengunjung yang mengakses, maka makin berkurang jatah Bandwith yang diberikan. Misalkan diberi jatah Bandwith sebesar 1,5 GigaByte dalam sebulan.

Baseband merupakan sebuah metode penggunaan sebuah media kominukasi dimana sinyal frekuensi yang dilewatkan pada carrier hanya satu buah untuk mentransmisikan data.

Broadband adalah sebuah jalur besar atau jalur utama sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan Kabel Modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, DSL mampu mentransfer kira-kira 9 kali lebih cepat dari Modem yang menggunakan kabel telepon standar. Umumnya, hubungan ke pelanggan dengan kecepatan 256 kbit/d (0,256Mbit/d) atau lebih dianggap sebagai internet jalur lebar. International Telecomunication Union Sektor Standarisasi rekomendasi mendefinisikan jalur lebar sebagai kapasitas pengiriman yang lebih cepat dari kecepatan utama ISDN pada 1,5 sampai 2 Mbit/d. Definisi FCC dari broadband sekitar 200 kbit/d dalam satu arah, dan jalur lebar canggih paling tidak 200 kbit/d dalam dua arah. OECD mendefinisikan jalur lebar sebagai 256 kbit/d dalam paling tidak satu arah dan kecepatan ini yang paling diterima di seluruh dunia. Dalam praktek, jalur yang diiklankan tidak selalu tersedia bagi pelanggan ISP seringkali memiliki jumlah pelanggan yang lebih banyak dari hubungan yang bisa ditangani, dengan anggapan bahwa seluruh pelanggan tidak menggunakan internet dengan kapasitas penuh dalam waktu yang sama. Strategi ini dapat diterima, namun dengan berkembangnya sistem sharimg, seringkali membuat masalah bagi ISP yang memiliki pelanggan lebih dari kapasitas peralatan mereka.

Narrowband adalah saluran sempit dengan kemampuan yang kecil. Defenisi dari narrowband ini berbeda-beda dari berbagai industri. Contoh teknologi yang tergolong narrowband ini:

– T-1 pada 1,54 Mps melalui media fiber optik, infra merah, gelombang micro atau dua pasang kabel.
– Jalur telepon analog pada 3000 Hz, pada POTS, atau infrastruktur telepon biasa. Untuk memanfaatkan data digital pada teknologi ini ditambahkan perangkat modem, yang berfungsi untuk membawa data dari komputer digital.
– BRI ISDN pada 144 kbps. Dua jalur untuk suara dan data, masing-masing pada 64 kbps. Satu jalur untuk sinyal sebesar 16 kbps.

 

Wi-Fiyaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan wireless card atau PDA untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses yang dikenal dengan hotspot terdekat.
Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu:
§  802.11a
§  802.11b
§  802.11g
§  802.11n
Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi. Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005.
Spesifikasi
Kecepatan
Frekuensi
Band
Cocok
dengan
802.11b
11 Mb/s
~2.4 GHz
b
802.11a
54 Mb/s
~2.4 GHz
a
802.11g
54 Mb/s
~2.4 GHz
b, g
802.11n
100 Mb/s
~5 GHz
b, g, n
Sedangkan Koneksi 3G atau third-generation technology merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton videosecara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video. 3G mengalahkan semua pendahulunya, baik GSM maupun GPRS. Beberapa perusahaan seluler dunia akan menjadikan 3G sebagai standar baru jaringan nirkabel yang beredar di pasaran ataupun negara berkembang.
International Telecommunication Union (ITU) pada tahun 1999 telah mengeluarkan standar yang dikenal sebagai IMT-2000 (International Mobile Telecommunications-2000) yang meliputi GSM, EDGE,UMTS, CDMA, DECT dan WiMAX, dimana 3G berada di bawah standar IMT-2000 tersebut. Secara umum, ITU, sebagaimana dikutip oleh FCC mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses.
§  Sebesar 128 Kbps untuk kondisi bergerak cepat atau menggunakan kendaraan bermotor.
§  Sebesar 384 Kbps untuk kondisi bergerak.
§  Paling sedikit sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik atau pengguna stasioner.
§  Penggunaan General Packet Radio Service (GPRS) mencapai 114 Kbps.

Browser adalah sebuah aplikasi yang ada di komputer Anda, mirip dengan aplikasi pengolah kata atau aplikasi lain, yang dirancang untuk membaca tipe file data tertentu. Untuk mengakses WWW, Anda membutuhkan program software internet browser Internet Explorer, Netscape, Mozila Firefox, Google Chrome, Safari, dll. Browsing metode untuk menjelajahi WWW Internet. Mem-browse WWW sering disebut sebagai surfing the Net.

Situs Web sering sekali disingkat menjadi situs, website, site. Situs Web adalah sebutan bagi sekelompok web page, yang umumnya merupakan bagian dari suatu domain name atau subdomain di WWW Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “akat”, yang disebut halaman induk sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka” atau laman web, dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan atau konsumen, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan e-mail, dan lain-lain.
Halaman Web adalah sebuah isi dari situs web yang dibuat oleh para pembuat website itu sendiri yang dirancang atau di desain secara canggih dan menarik sehingga halaman web tersebut enak dilihat oleh para pengunjung website tersebut.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s