Adware, Browser Hijacker & Search Hijacker, Key logger

Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik sehingga orang yang memasang keylogger disuatu PC lain dapat terus melihat aktivitas dari keyboard yang sedang digunakan oleh PC tersebut .
Keylogger yang berupa hardware besarnya seukuran baterai ukuran AA. Keylogger jenis ini dipasangkan pada ujung keyboard, sehingga mencegat data yang dialirkan dari keyboard ke CPU. komputer Cara sederhana untuk menghindari dampak adanyakeylogger pada sistem operasi Microsoft Windows adalah dengan menggunakan fitur on-screen keyboard dan juga software Process XP (untuk OS XP)
Search Hijacker adalah suatu bentuk modifikasi sistem spyware yang dirancang untuk mengendalikan mesin pencari default , dan juga merupakan jenis spyware yang dapat memblokir proses pencarian anda pada mesin pencari sesungguhnya dan menampilkan hasil dari jasa yang telah dikendalikan serta mengarahkan hasil pencarian Anda ke situs web yang berbeda. Pembajak ini program pencarian memberikan hasil yang mungkin terlihat sah tetapi sebenarnya situs web pengiklan yang membayar untuk ini “layanan”. Search Hijacker juga mengambil keuntungan dari pengguna yang salah ketik URL di address bar
.
Infeksi pembajak pencarian akan memperlambat kecepatan internet anda, karenasemua permintaan pencarian Anda dan alamat yang dikirim melalui situs web lain.Dengan cara ini pembajak pencarian bertindak sebagai penambang data,mengumpulkan informasi tentang Anda dan kebiasaan internet Anda untuk digunakan oleh pengiklan pihak ketiga .

Sering kali Search Hijacker akan mencegah Anda dari browser Anda mengubah pengaturan pencarian kembali ke orang yang Anda inginkan, sehingga Anda terjebak dengan halaman-halaman pencarian palsu.
Untuk mencegah search Hijacker anda bisa memasang software anti spyware dan jg beberapa antivirus yang menyediakan fasilitas antispyware

Browser Hijacker : merupakan jenis spyware yang dapat mengubah tampilan Home Page anda berubah dengan halaman web lain.
Browser hijacker dapat dikategorikan sebagai virus karena menumpang pada sistem (browser) dan dapat melakukan duplikasi untuk menginfeksi sistem lain. salah satu virus berjenis browser hijacker yang cukup populer adalah CoolWebSearch (yang akan mengarahkan browser ke alamat coolwebsearch.com) dan websiteblockonline.com (yang menampilkan pesan seolah-olah komputer sedang terserang virus).
Dengan seringnya pengguna internet melakukan browsing, pembuat virus mengeksploitasi celah kelemahan pada browser Internet (Internet Explorer).
Beberapa aksi yang dapat dilakukan oleh Virus browser hijacker adalah:
· Mengubah atau membelokkan alamat tujuan yang ditik di browser
· Meng-install browser helper object yang digunakan untuk mengontrol browser sepenuhnya dan mendapatkan informasi yang tersimpan di browser
· Mengubah sistem setting seperti startup program atau Internet setting.

Adware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah jenis perangkat lunak mencurigakan (malicious software/malware) yang menginstalasikan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet.
Adware adalah salah satu jenis perangkat lunak yang bersifat “stealth” (tidak terlihat) dan seringnya terinstalasi ke dalam sistem ketika pengguna mengunduh perangkat lunak freewareatau shareware dari Internet. Ada banyak adware yang beredar di Internet, dan beberapa adware tersebut memantau kebiasaan pengguna dalam menjelajahi Internet, dan mengirimkan informasi ini kepada perusahaan marketing sehingga mereka mengirimkan iklan kepada pengguna yang bersangkutan. Beberapa perangkat lunak komersial juga mengandung komponen adware yang kadang disebutkan dalam End-User License Agreement (EULA) atau tidak. Contohnya adalah web browser Microsoft Internet Explorer 6.0 yang merangkul Alexa.com.
Kebanyakan program antivirus tidak didesain untuk mendeteksi keberadaan adware, karena tujuan awal dari adware adalah bukan untuk merusak sistem secara agresif tapi untuk mendukung pengembangan perangkat lunak freeware atau shareware yang berangkutan. Beberapa adware juga dapat diklasifikasikan sebagai Trojan oleh beberapa Antivirus, sehingga dibutuhkan perangkat lunak yang spesifik untuk menditeksinya. karena selain memantau kebiasaan pengguna dalam berselancar di Internet, mereka juga dapat mencuri data pengguna. Contohnya adalah VX2 dan WNAD.EXE.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s